“Menjadi Mahasiswa/i PAI yang Siap Menghadapi Era 4.0” Tema PEKA 2019 Mahasiswa/i Baru

“Menjadi Mahasiswa/i PAI yang Siap Menghadapi Era 4.0” menjadi tema Pengenalan Kampus dan Akademik (PEKA) 2019 kali ini bagi mahasiswa baru (maba). Antusias mereka disambut baik oleh Pembantu Ketua (Puket) III, Bid. Kemahasiswaan, Abd Aziz, SS., M.Pd.I dengan cara turut serta memasang foto di Twibbon PEKA 2019.//mhs//md

Tradisi Pengenalan Kampus

Setiap kampus mempunyai tradisi sendiri untuk memperkenalkan siapa ia. Menjadi bagian dari institusi harus mengenal tempat yang dijajakinya. Istilah tak kenal maka tak sayang pun melengkapi di kebanyakan institusi pendidikan. Kebanyakan para mahasiswa yang baru di berbagai institusi terlebih institusi perguruan tinggi disibukkan dengan acara sebelum memulai masuk dunia perkuliahan.

Berbagai macam nama istilah mulai tersemat dari setiap kampus yang mengadakan acara permulaan sebelum dimulainya perkuliahan.
Dahulu sering dikenal dengan istilah OSPEK (orientasi study pengenalan kampus) yang biasa dilakukan selama satu minggu sebelum perkuliahan reguler dilaksanakan. Ada juga yang mengistilahkan dengan PROPESA (program pengenalan study dan almamamater) dengan melakukan penataran terlebih dahulu selama 2 minggu. Selain itu, Ada juga PBAK (Pengenalan Budaya dan Akademik Kampus) yang merupakan program pengenalan yang dilakukan selama 2-3 hari. Kegiatan-kegiatan semacam ini mempunyai tujuan yang sama agar mahasiswa mengetahui lingkungan, kegiatan serta program-program yang dijalankan selama berada di dunia perkuliahan. Kampus dengan jumlah mahasiswa lebih dari ribuan dan memiliki beberapa fakultas biasanya mengadakannya di masing-masing fakultas dan diakhiri dengan berkumpul dalam lapangan membuat koreografi menarik, indah dan kompak sehingga apabila dilihat dari atas menggunakan drone bisa dilihat pesan dan atau bahkan kritik yang dikemas secara menarik.

STIT Al-Amin menjadi bagian dalam institusi pendidikan tinggi, yang mempunyai kelengkapan administrasi dan perangkatnya. Mengadakan kegiatan awal perkuliahan Mahasiswa baru dengan istilah PEKA (Pengenalan Kampus dan Akademik). program dimaksud memiliki tujuan yang hampir sama di kebanyakan kampus. Mahasiswa diharapkan mengenal lebih jauh tentang tempat yang dipijakinya. Mulai dari proses perkuliahan, sistem akademik dan bahkan para pimpinan dan staff juga sampai ke para dosen pun turut melengkapinya.

PEKA STIT Al-Amin dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 20-21 September 2019. Acara ini digawangi oleh puket 3 yang dibantu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan atau bernama DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa).

Kegiatan-kegiatan PEKA dikemas secara menarik untuk diikuti, dimulai dari kesiapan selama seminggu untuk memenuhi peralatan dan perlengkapan yang dibawa dalam kegiatan tersebut. Jadwal sudah diberikan memudahkan mahasiswa baru untuk mengatur waktu. Sehingga kegiatan bisa dilaksanakan dengan khidmat dan tertib serta penuh kesan tersendiri bagi mahasiswa baru.

Kegiatan ini menjadikan prasyarat bagi mahasiswa untuk mengikuti program PPL yang dilaksanakan pada semester 7. Agak jauh memang membahas semester 7 akan tetapi setidaknya dengan mengikuti acara ini mahasiswa sudah memiliki wawasan mendalam tentang kampusnya dan siap untuk terjun di dunia luar dengan almamater yang dibawanya.

Oleh karena itu, kegiatan PEKA sebagai kebutuhan mahasiswa yang menjadi prasyarat PPL semester 7, maka para peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan PEKA akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa sudah pernah mengikuti kegiatannya.